Jumat, 11 Juli 2008

DASAR UTAMA DALAM MAINTENANCE

I. Tiga dasar utama dalam mantenance

Pekerjaan pertama yang paling mendasar dalam maintenance adalah membersihkan peralatan dari debu maupun kotoran-kotoran lain yang dianggap tidak perlu. debu ini akan menjadi inti bermulanya proses kondensasi dari uap air yang berada di udara.

Dalam melakukan perlu ada petunjuk tentang :
- Bagaimana cara untuk melakukan pekerjaan tersebut
- kapan pekerjaan tersebut dilakukan
- Alat bantu apa saja yang diperlukan
- Hal-hal apa saja yang harus dihindaridalam melakukan pekerjaan tersebut

I.I Klasifikasi pekerjaan Maintenance
secara garis besar maintenance ini dapat diklasifikasikan dalamplanned maintenance (terencana) dan unplanned maintenance (tidak terencana). dalam planned maintenance terbagi lagi menjadi preventive dan corretive maintenance.

Istilah-Istilah Dalam Maintenance

- Maintenance : Pekerjaan yang dilakukan untuk menjaga atau memperbaiki setiap fasiitas agar tetap dalam keadaan yang dapat diterima menurut standard yang berlaku pad tingkat biaya yang wajar
- Planned maintenance : suatu pekerjaan dalam bidang maintenance yang terorganisasi dan dilakukan dengan melihat jauh kedepan yang menyangkut juga masalah pengendalian dan pendapatan.
-Preventive maintenance : suatu pekerjaan yang ditujukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada suatu alat/fasilitas.
- Corrective maintenance : suatu pekerjaan yang ditujukan untuk memperbaiki fasilitas untuk dapat mencapai standart yang dipersyaratkan.
- Running maintenance : suatu pekerjaan preventive maintenance dilakukan dimana fasilitas/alat yang bersangkutan masih tetap dalam keadaan bekerja.
- Shut Down maintenance : suatu pekerjaan yang hanya dilakukan bila fasilitas/alat yang bersangkutan sedang tidak bekerja.
- Break Down maintenance : pekerjaan yang dilakukan berdasarkan perancanaan sebelumnya atas suatu alat/fasilitas yang diduga mengalami kerusakan.
- Emergency maintenance : suatu pekerjaan yang perlu dilakukan untuk mengatasi kerusakan suatu alat/fasilitas yang tidak diduga sebelumnya.
Availability : periode waktu dimana alat/fasilitas dalam keadaan tidak dapat dipakai/dioperasikan
- Down time : periode waktu dimana alat/fasilitas dalam keadaan tidak dapat dipakai/dioperasikan.
- Check : menguji dan membandingkan terhadap standard yang ditunjukan.
- Facility Register : alat pencatat data alat/fasilitas dapat juga disebut inventarisasi peralatan/fasilitas.
- Maintenance management : organisasi maintenance dalam suatu kebijakan yang sudah disetujui bersama.
- Maintenance Schedule : suatu daftar yang menyeluruh yang berisi kegiatan maintenance dan kejadian-kejadian menyertainya.
- Overhaul : pemeriksaan dan perbaikan secara menyeluruh terhadap suatu fasilitas atau sebagian dari fasilitas sehingga mencapai standard yang dapat diterima

1 komentar:

kampung mesin mengatakan...

cara menanganinya dunk boss..