Senin, 23 Juni 2008

KERJA BANGKU


KERJA BANGKU

1.1. Tempat Kerja

Kualitas dan kondisi dari perkakas yang tersedia, susunan serta kebersihan sekitar tempat kerja akan mempengaruhi efisiensi kerja seseorang. Perkakas dan perlengkapan tempat kerja harus terpelihara dengan baik maka efisiensi kerja dapat terlaksana dengan baik.

1.2. Bangku Kerja dan Ragum

Fungsi bangku kerja dalam bengkel mekanik adalah sebagai penunjang dalam suatu pekerjaan bengkel. Bangku kerja umumnya dilengkapi dangan ragum, dimana ragum ini digunakan untuk menjepit benda kerja pada waktu melakukan pekerjaan mekanik seperti mengikir, memahat, memotong dan lain-lain. Pada umumnya ragum dibuat dari besi tuang kenyal atau baja tempa. Banyak sekali jenis ragum yang digunakan untuk bermacam-macampekerjaan tangan.

1.3. Pengikiran

Kikir adalah suatu alat perkakas tangan yang sering digunakan untuk membentuk benda kerja atau membentuk penyelesaian suatu pekerjaan. Dengan menggunakan kikir dapat dibuat benda kerja. Kikir juga memiliki bentuk yang sering digunakan, antara lain:

- Belah rotan

- Bulat

- Plat

- Segi empat

- Segi tiga

Klasifikasi kikir terdiri dari:

- Halus

- Kasar

- Setengah kasar

- Panjang

Maka pilihlah kikir yang cocok untuk menyelesaikan sutu pekerjaan yang diinginkan.

1.4. Cara Mengikir

Selama mengikir,berdirilah disebelah kiri ragum dengan kaki kanan membentuk sudut kira-kira 30˚ dan kaki kanan kira-kira 75˚ dengan garis sumbu ragum. Jarak antara ujung kaki kiri dengan kaki kanan sama dengan panjang kikir.

1.5. Memegang Kikir

Peganglah gagang kikir dengan tegak dan tekan ujung gagang tersebut dengan telapak tangan bagian tengah. Ibu jari terletak diatas dan jari-jari lainnya dibawah gagang. Tempatkan telapak tangan dan ibu jari pada ujung kikir, jari-jari yang lain terletak diluar ujung kikir tersebut, dengan keadaan rapat satu sama lain dapat melipat kebawah, tetapi tidak menggunakan ujung kikir tersebut.

Tidak ada komentar: