Senin, 23 Juni 2008

MESIN PENYINARAN

1. PESAWAT SINAR X

UKURAN DAN BENTUK

Jika elektron yang fast-moving mengenai suatu obyekl, maka sinar-x diproduksi. Tenaga gerak dari elktron diubah menjadi tenaga elektromagnetig. Fungsi dari mesin sinar x adalah menyediakan intensitas elektron yang cukupagar dapat menghasilkan suatu berkas cahaya sinar x sesuai kebutuhan dan berkualitas.

Sinar x Mesin diagnostik masuk banyak ukuran dan bentuk berbeda. Mesin sinar x pada umumnya dioperasikan pada voltase yang maksimum berkisar antara 25 - 150 kV dan arus tabung dari 25 - 1200 mA.

TABUNG PENYINARAN

Tabung sinar x adalah suatu komponen mesin sinar x yang jarang yang dilihat oleh teknologi logika.Di dalam tabung penyinaran terdapat dua komponen utama yaitu kutub negatif dan kutub positif. Masing-Masing disebut electroda, dan tabung dengan dua electroda disebut dioda.

GRID

Grid adalah suatu alat didalam radiografi yang dipasang diantara obyek dengan film yang berguna untuk mengurangi radiasi hambur yang sampai ke film, dengan tujuan . agar kontras gambar lebih baik. Grid digunakan untuk obyek – obyek yang tebal yang ketebalannya diatas 10 cm, yang menghendaki Kv yang lebih tinggi.

CHARACTERICTIC KONSTRUKSI GRID

Kontruksi grid dirancang sedemikian rupa agar dapat menyekat radiasi hambur yang

menuju ke film. Adapun prinsip kontruksinya adalah sebagai berikut :

Hamburan akan diserap oleh lempengan timbal,sinar akan dilewatkan oleh lempengan timbal tersebut. Diantara beberapa lempengan timbal tersebut terdapat jarak ( interspace = D ) dan juga terdapat tinggi lempeng timbal tersebut ( tinggi lead strip = h )

Grid Ratio

Grid ratio adalah perbandingan antara tinggi lempengan timbal dengan jarak antara lempeng.

Grid ratio= h/D

Semakin tinggi grid ratio semakin banyak hamburan yang diserap oleh grid, faktor eksposi yang digunakan semakin besar.

Grid dengan ratio 8:1 atau 10:1 grid sering digunakan di dalam pemeriksaan thorak dsb. Grid ratio 5:1 akan menyerap radiasi 85% di mana grid ratio 16:1penyerapan radiasi sebesar 97%.

JENIS GRID

Grid linier

Grid jenis ini paling sederhana , dan yang sering digunakan dalam pemeriksaan radiografi adalah grid linier, diagram dalam potongan melintang. Grid jenis ini adalah yang paling mudah untuk membuat, tetapi itu mempunyai beberapa keuntungan yang tidak diinginkan oleh klinis.

Crossed grid

Grid linier tidak menyerap lebih banyak radiasi didalam satu arah, sepanjang poros dari grid. Grid silang dibuat untuk mengatasi kekurangan ini.

Focused grid

Yang utama disad vantage dari linier dan grid yang silang adalah penggalan grid. Grid yang dipusatkan dirancang untuk memperkecil kekurangan ini.

PENGGUNAAN GRID

Kesalahan yang paling sering di dalam penggunaan grid adalah cara memposisikan grid tidak benar, karena grid dapat berfungsi jika memposisikannya tepat dengan tabung sinar x dan berkas sinar x.

Jenis film

Ada tiga golongan film menurut kepekaannya terhadap macam macam warna cahaya diantaranya :

1. Orthochromatic film

Yaitu jenis film yang memiliki kepekaan terhadap warna hijau sampai violet, jenis ini digunakan untuk film green sensitive pada pemeriksaan radiografhi.

2. Monochromatic film

Yaitu jenis film yang memiliki kepekaan terhadap satu jenis warna, yaitu warna biru saja. Jenis ini biasanya digunakan untuk film x ray blue sensitive.

3. Panchromatic film

Yaitu jenis film yang memiliki kepekaan terhadap semua warna pencahayaan. Jenis ini digunakan dalam film fotografhi.

CASETTE

MENYARING KONSTRUKSI

Penyinaran [yang] memperhebat layar menyerupai lembar;seprai karton atau plastik fleksibel. Mereka masuk ukuran [yang] sesuai dengan memfilmkan ukuran. [Yang] pada umumnya film yang radiografis disisipkan dua layar; film yang digunakan adalah double-emulsion film. Di (dalam) kebanyakan layar ada empat lapisan beda, yang ditunjukkan di (dalam) potongan melintang di (dalam) Buah ara. 15-1.

[yang] Mantel bersifat melindungi

Lapisan dari memperhebat layar terdekat ke sinar x film adalah [yang] mantel yang bersifat melindungi itu. Adalah 15 [bagi/kepada] 25 m tebal dan diberlakukan bagi muka layar untuk membuat layar yang bersifat menentang ke kerusakan dan lecet/pengausan disebabkan oleh penanganan. [Itu] juga membantu menghapuskan buildup keelektrikan statik dan menyediakan suatu permukaan untuk pembersihan [yang] rutin tanpa mengganggu fosfor yang aktip itu. [Yang] secara alami, lapisan yang bersifat melindungi harus transparan untuk menyalakan.

Fosfor

Lapisan aktif dari sinar x memperhebat layar adalah fosfor itu. Fosfor memancarkan [cahaya/ ringan] selama rangsangan [oleh/dengan] sinar-rontgen. Lapisan fosfor bertukar-tukar di (dalam) ketebalan dari barangkali 150 [bagi/kepada] 300 m, tergantung pada jenis itu layar. unsur [yang] Yang aktip kebanyakan fosfor [sebelum/di depan] sekitar 1980 adalah zat kapur dari kristal/jernih tungstate ditempelkan di (dalam) suatu polymer acuan/matriks. Bumi jarang adalah material fosfor di (dalam) layar lebih baru, [yang] lebih cepat.

Fosfor mempunyai [satu/ orang] bermaksud: untuk mengkonversi energi dari sinar x [balok/berkas cahaya] ke dalam [cahaya/ ringan] kelihatan. Tindakan dari fosfor dapat dipertunjukkan dengan mengamati suatu kaset dibuka di (dalam) suatu ruang digelapkan melalui/sampai penghalang bersifat melindungi dari kamar pengawas. Layar akan bercahaya dengan hebat manakala dirangsang oleh sinar-rontgen. Ada banyak material yang bereaksi dengan cara ini, tetapi untuk;menjadi memuaskan untuk digunakan di radiografi [yang] mereka harus memiliki berikut empat karakteristik:

1. Fosfor perlu mengenal baik suatu [yang] atomis tinggi sedemikian sehingga kemungkinan sinar x interaksi tinggi. Ini disebut efisiensi pendeteksian kuantum ( QDE).

2. Fosfor perlu memancarkan sejumlah besar [cahaya/ ringan] saban sinar x interaksi. Ini disebut sinar x konversi efisiensi.

3. [Cahaya/ ringan] memancarkan harus panjang gelombang sesuai ( warna) untuk memenuhi kepekaan dari sinar x film. Ini disebut spektral [yang] mempertemukan.

4. Cahaya mentari sore fosfor, emisi/ pancaran [cahaya/ ringan] yang berlanjut setelah rangsangan (menyangkut) fosfor [oleh/dengan] sinar-rontgen, harus minimum.

Melalui/Sampai tahun, empat material telah digunakan sebagai fosfor sebab mereka memperlihatkan karakteristik ini. Material ini adalah zat kapur tungstate, zine sulfida, barium memimpin sulfate, dan bumi yang jarang: gadolinium, lanthanum, dan yttrium. Roentgen menemukan sinar-rontgen sunggung secara kebetulan. Ia mengamati luminesensi barium platinocyanide, suatu fosfor yang tidak pernah diberlakukan bagi radiologi diagnostik dengan sukses.

Di dalam satu tahun penemuan sinar-rontgen Roentgen, zat kapur tungstate dikembangkan oleh pencipta Amerika Thomas. A. Edison. Walaupun Edison mempertunjukkan penggunaan layar [sebelum/di depan] permulaan (menyangkut) abad ke duapuluh, layar memfilmkan kombinasi tidak masuk ke dalam penggunaan umum sampai tentang waktu Perang dunia I. Fosfor mempekerjakan pada waktu itu adalah zat kapur tungstate. Untuk sementara waktu, barium memimpin sulfate layar digunakan, terutama sekali dengan high-kVp teknik. Zine sulfida sekali ketika digunakan untuk low-kVp teknik tetapi tidak pernah memperoleh penerimaan lebar/luas. zat kapur Tungstate, oleh karena pengendalian mutu dan teknik pabrikasi ditingkatkan memeriksa prosedur, membuktikan atasan untuk hampir semua teknik [yang] radiografis dan sampai baru-baru ini adalah fosfor digunakan hampir eksklusif.

Beberapa layar bumi [yang] jarang baru telah diperkenalkan untuk digunakan di radiologi diagnostik. Layar ini adalah lebih cepat dari untuk [yang] dibuat dari itu zat kapur tungstate, menyumbangkan [mereka/nya] [yang] [yang] bermanfaat untuk paling jenis [yang] imaging radiografis. Walaupun mereka jadilah lebih mahal, mereka sudah menggantikan zat kapur tungstate [sebagai/ketika] fosfor pilihan;terkemuka.

Perbedaan di (dalam) layar yang imaging karakteristik pada dasarnya disebabkan oleh perbedaan di [dalam] komposisi fosfor. Ketebalan dari lapisan fosfor dan ukuran dan konsentrasi dari kristal fosfor mempengaruhi tindakan dalam memperhebat layar.

Lapisan Yang memantulkan cahaya

Antar[A] fosfor dan dasar adalah suatu lapisan yang memantulkan cahaya [yang] kira-kira 25 m dibuat dari tebal suatu unsur berkilauan seperti dioksid-titan atau oksida magnesium. Fungsi nya dipertunjukkan di (dalam) Buah ara. 15-2. Kapan sinar-rontgen saling berhubungan dengan fosfor yang aktip, [cahaya/ ringan] dipancarkan isotropically, itu adalah, dengan intensitas sama di (dalam) al arah. Kurang dari separuh [cahaya/ ringan] dipancarkan di [dalam] arah film. lapisan Yang yang memantulkan cahaya menginterupsi pusing di (dalam) arah lain dan mengalihkan jurusan ia/nya kepada film itu.

lapisan Yang yang memantulkan cahaya meningkat/kan efisiensi dari sinar x [yang] memperhebat layar, [yang] hampir menggandakan banyaknya [cahaya/ ringan] satuan energi dalam cahaya mencapai film.

Beberapa layar menyertakan celupan khusus di (dalam) lapisan fosfor ke dengan memilih menyerap [cahaya/ ringan] satuan energi dalam cahaya itu memancarkan pada suatu penjuru/sudut besar kepada film itu. [cahaya/ ringan] Satuan energi dalam cahaya ini harus bepergian suatu jarak lebih panjang di (dalam) fosfor dibanding [yang] tegaklurus dipancarkan itu kepada film, dan oleh karena itu mereka jadilah lebih dengan mudah diserap oleh celupan itu. [Yang] sungguh sial, penambahan ini menghasilkan dalam beberapa pengurangan di (dalam) kecepatan layar.

Base

Lapisan yang terjauh dari film disebut dasar itu. Dasar barangkali 1 mm yang tebal dan melayani terutama sebagai mekanik mendukung untuk lapisan fosfor yang aktip. [Itu] dibuat dari berkualitas tinggi karton, polyester, atau metal. Polyester sedang memperoleh ketenaran sebagai material dasar di (dalam) konstruksi layar sama [halnya] adalah sebagai material dasar untuk film radiografis. Kebutuhan untuk suatu material dasar [dari;ttg] mutu tinggi sebagai berikut:

1. [Itu] harus tidak datar dan embun bersifat menentang.

2. [Itu] harus tidak (ada) menderita kerusakan radiasi maupun discolor dengan [umur/zaman].

3. [Itu] harus secara kimiawi tanpa daya dan tidak saling berhubungan dengan lapisan fosfor.

4. [Itu] harus fleksibel.

[Itu] harus tidak berisi takmurnian yang akan bersifat imaged oleh sinar-rontgen.

MENYARING KARAKTERISTIK

Dua karakteristik sinar x memperhebat layar [yang] utama adalah [bagi/kepada] teknolog yang mengenai ilmu radiasi itu. Karena memperhebat layar digunakan untuk mengurangi dosis pasien, [satu/ orang] karakteristik adalah penting/besar pengurangan dosis memperoleh. Hak milik ini disebut faktor intensifikasi dan ukuran kecepatan dari layar. [Yang] sungguh sial, manakala sisa itu x-radiation dikonversi ke [cahaya/ ringan] kelihatan dan [cahaya/ ringan] yang kelihatan pada gilirannya menghasilkan santirlaten, beberapa hilangnya kejelasan gambaran terjadi. Resolusi dari layar kemampuan nya untuk menghasilkan suatu akurat dan gambaran jelas bersih. Resolusi pada umumnya di/terukur oleh garis yang minimum [yang] mengatur jarak bahwa dapat dideteksi dan imaged.

Kaset

Kaset adalah pemilik yang kaku yang berisi layar dan film. Sebagian dari karakteristik yang penting dari suatu kaset kebaikan ditandai di (dalam) Buah ara. 15-7. Permukaan medan, sisi menghadapi tabung, harus dibuat dari material dengan suatu nomor-atom rendah, seperti karton atau plastik, dan harus sama tipis/encer seperti dapat dipraktekkan sekalipun begitu (yet) [yang] kokoh. Pelaifan (menyangkut) sinar x [balok/berkas cahaya] oleh medan [meliput/tutup] dari kaset yang tidak diinginkan. yang dihubungkan dengan Di dalam dari tutup medan adalah layar medan, dan berkait dengan tutup punggung adalah punggung menyaring.

film Yang radiografis terisi antar[a] dua layar ini . Sampai baru-baru ini, layar disediakan berdua-dua dan mengenali untuk medan dan kembali. Layar punggung adalah lebih tebal dibanding medan menyaring sedemikian sehingga masing-masing lapisan emulsi film akan diunjukkan ke kwantitas cahaya yang sama itu. Di (dalam) advertently menukar layar ini akan mengakibatkan hilangnya resolusi dan kontras dan mungkin menghasilkan film tumpul, pucat. Sekarang biasanya menyetujui [bahwa/yang] keuntungan [dari;ttg] medan spesifik dan kembali layar adalah berberat lebih jauh oleh kerugian timbul dari kebingungan dan biaya di (dalam) penanganan. Hari ini kebanyakan kaset terisi dengan layar serupa berhadapan dan kembali.

Antar[A] masing-masing layar dan tutup kaset akan [jadi] beberapa macam alat tekanan, seperti merasa atau karet, yang [itu] memelihara film-screen dekat menghubungi manakala kaset tertutup dan dikancing. Tutup punggung pada umumnya dibuat dari metal berat/lebat untuk memperkecil backscatter. Sinar-Rontgen memancarkan melalui/sampai film-screen kombinasi kepada tutup punggung akan [jadi] diserap foto [yang] secara elektris lebih siap di (dalam) suatu high-Z material dibanding di (dalam) suatu low-Z material. Jika pelat belakang dibuat dari suatu low-Z material, sinar-rontgen bisa dipancarkan melalui/sampai keseluruhan kaset, dan beberapa kekuatan menyebar kembali ke film oleh kaset yang memegang alat atau suatu dinding dekat. Ini disebut backscatter radiasi dan mengakibatkan kejelasan gambaran dikurangi. Kadang-Kadang engsel kaset atau menekan pengapit tiduran berbaring tutup imaged. Ini adalah dalam kaitan dengan backscatter radiasi dan secara normal terjadi hanya selama high-kVp radiografi manakala sinar x [balok/berkas cahaya] cukup menembus.

DENGAN ALAMAT LAYAR

Layar harus dengan baik diawasi jika secara konsisten high-qualas gambar hasil sinar x (diharapkan) untuk diproduksi. Manakala penanganan layar, orang perlu mengambil kepedulian paling sebab bahkan suatu scratch kuku kecil dapat menurunkan pangkat gambaran yang radiografis itu. Layar harus ditangani hanya ketika mereka sedang dibersihkan. Manakala layar menjulang di (dalam) suatu kaset, instruksi pabrik harus diikuti secara hati-hati.

Layar harus pada waktu tertentu dibersihkan. frekwensi pembersihan [yang] Yang diperlukan ditentukan terutama semata oleh dua faktor:

( 1) jumlah penggunaan [adalah] layar menerima dan

( 2) derajat tingkat untuk mana angkasa di mana mereka digunakan adalah debu bebaskan.

Di (dalam) suatu [jasa;layanan] radiologi sibuk mungkin saja diperlukan untuk membersihkan layar sekali ketika masing-masing bulan atau lebih lagi sering. Di bawah lainnya, keadaan [adalah] frekwensi pembersihan boleh dengan aman diperluas untuk 2 [bagi/kepada] 3 bulan.

Ada bahan-gosok layar khusus dan manakala mereka digunakan, instruksi pabrik harus diikuti secara hati-hati. Satu keuntungan untuk menggunakan persiapan [yang] komersil ini adalah bahwa mereka sering berisi campuran antistatic yang (mana) dapat [yang] sungguh sangat menolong. Layar dapat juga dibersihkan dengan air dan sabun lembut. Mereka harus secara hati-hati dibilas dan secara menyeluruh mengeringkan. Jika layar adalah uap, lapisan emulsi film boleh bertahan, mungkin menyebabkan kerusakan permanen.

Suatu kebutuhan [yang] penting di (dalam) mengawasi layar sedang memelihara kebaikan screen-film kontak. Screen-Film kontak dapat dicek dengan gambar hasil sinar x suatu mata jala kawat.

HANGER

Hanger terbuat dari baja tahan-karat yang bermutu. Hanger yang kotor, rusak, atau bukan ukuran yang benar untuk film akan menjadi artifacts selama diprocesing.

Maka dari itu sebelum digunakan harus diperiksa terlebih dahulu diperiksa kebersihannya. Setelah dibersihkan keringkan dengan cara digosok dengan sikat kaku/kasar, jika dikerjakan dengan interval sering maka akan lebih efektif. Dan bisa juga dibersihkan dengan air panas untuk memecahkan bahan kimia yang keras.

Untuk hanger yang sangat kotor boleh memerlukan perawatan yang lebih kuat, seperti hanger dibersihkan dengan 64 ml asam cuka dengan tambahan air agar menjadi 1000 ml. Asam cuka bisa diperoleh dari apotik.

PROCCESING AUTOMATIC

Sistem – sistem dalam procesing automatic diantaranya :

1. Sistem dengan mesin pengangkut film melalui sebagai pengolah

2. Sistem yang menyediakan ( a) pengisian kembali bahan kimia proces dan ( b) sirkulasi ulangnya.

3. Sistem untuk mengendalikan temperatur proces.

4. Sistem dengan peredaran air yang sebagian besar untuk mencuci film.

5. Sistem untuk mengeringkan film.

PROCCESING MANUAL

Sistem – sistem pada manual procces :

1. Develoving

2. Rinsing

3. Fixing

4. Washing

5. Drying

1 komentar:

kampung mesin mengatakan...

kegunaan sinar x untuk manusia..